Puluhan Calon Mahasiswa Telah Mendaftar Program RPL Unilak, Cara Cepat Untuk Bisa Wisuda

Puluhan Calon Mahasiswa Telah Mendaftar Program RPL Unilak, Cara Cepat Untuk Bisa Wisuda

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning sebagai satu diantara Universitas terbaik di Riau mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pendidikan Tinggi untuk melaksanakan Program Rekoginisi Pembelajaran Lampau (RPL). Untuk mensukseskan program ini, Unilak mengadakan Tryning off Triners kegiatan pemutakhiran dokumen RPL dan pendampingan penyeleegaraan RPL (TOT). Sabtu, 18 Agustus 2028 di Grand Elite Pekanbaru, pelaksanaan berlangsung secara online dan offline

Di Provinsi, Riau Unilak menjadi satu satunya universitas yang mendapatkan hibah program RPL, sebagai narasumber yaitu Dr Drs Lutfi Jayanto MBA, dengan moderator Kepala Biro Akademik Ade Irwanda ST.MM. Dengan peserta  Dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi, dosen di 19 Prodi Unilak yang disetujui mengadakan program RPL.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi, turut hadir Wakil Rektor I Dr Zamzami,M,Kom. Prof Junaidi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada narasumber (Dr Drs Lutfi Jayanto MBA) yang hadir secara online untuk berbagi pengalaman tentang program RPL.  Secara sederhana calon mahasiswa yang mengambil program RPL Unilak dapat menyelesaikan studi hanya 1 tahun 6 bulan.

"Alhadulillah Unilak tahun ini untuk pertama kalinya meraih hibah dari DIKTI untuk implementasi RPL. Kegiatan kita hari ini sepenuhnya dibantu oleh Dikti. Saya apresiasi kepada Wakil Rektor satu dan tim yang menyiapkan proposal bersaing dengan perguruan tinggi lain di DIKTI.

Disebutkan Prof Junaidi, pendanaan yang diperoleh oleh Dikti dengan program RPL ini, 21 Prodi (S1 dan S2) Unilak boleh menerima mahasiswa RPL, artinya ini kesempatan bagi kita untuk menerima mahasiswa dengan jalur RPL dan kesempatan ini mari kita manfaatkan sebaik-baiknya. Beberapa Fakultas sudah mengikuti sosialisasi baik teknis dan konsep.

"Data dari akademik, alhamdulilah sudah 57 mahasiswa yang mengambil program RPL, dan akan terus betambah. Semoga RPL ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin kuliah." ucap Prof Junaidi.

Sementara itu narasumber Dr Drs Lutfi Jayanto MBA di awal pemaparannya mengucapkan selamat kepada Unilak mendapatkan hibah RPL. Dengan mendapatkan hibah ini nama Unilak di lingkungan DIKTI semakin bagus, nilainya baik. Dengan keberhasilan Unilak meraih hibah tentu harapan kami dapat menyelenggarakan RPL dengan bagus, karena ini ada evaluasinya..

"Kemairn saya ada di Bali selama tiga hari mengadakan sosialisasi ke LLDIKTI se Indonesia, Universitas yang lolos hibah akan diriview, dan meminta LLDIKTI untuk meriview, tujuan utamanya adalah untuk meningkakan kualitas. Harapannya yang sudah mendapatkan hibah benar-benar kualitasnya bisa dijaga dan ini mencakup nama perguruan tinggi yang mendapatkan hibah." ucap Dr Lutfi.

Program RPl di Unilak terbagi dalam beberapa kategori yaitu RPL Type A1-RPL Type A3. Program ini bagi calon mahasiswa yang mendaftar akan mendapatkan pengakuan sks masksimal 80 SKS, dengan kata lain mahasiswa bisa wisuda hanya dengan waktu 1 tahun 6 bulan. Untuk informasi program RPL Unilak dapat melihat di website https://unilak.ac.id/section/rpl dan layanan informasi di 081268449989.

Berita Lainnya

Index