SMA 2 Mandau MoU Dengan Unilak, Ini Dukungan Yang Diberikan Rektor Prof Dr Junaidi

SMA 2 Mandau MoU Dengan Unilak, Ini Dukungan Yang Diberikan Rektor Prof Dr Junaidi

RIAUREVIEW.COM --SMAN 2 Mandau Kab Bengkalis melakukan penandatanganan kerjasama dengan Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak), kerjasama dituangkan dalam Memoroundum Off Understanding yang dilakukan oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS M Hum dengan Kepala Sekolah Satria, M.Pd, Sabtu, 30 September 2023.

Kehadiran Rektor Unilak di sekolah yang beralamat di jalan Jenderal Sudirman Duri ini disambut antusias oleh Kepala sekolah, guru dan siswa yang telah hadir sejak jam 7 pagi. Turut mendampingi Rektor Unilak, Kepala Urusan Internasional dan Kerjasama Dr Nurfaisal, Kepala PTIK Yuvi Darmayunata, ST, M.Kom dan sejumlah staf.

Pelaksanaan kerjasama dalam rangka Tri Darma Perguruan Tinggi dan peningkatan kualitas pendidikan untuk siswa, tenaga pendidik, dan guru-guru SMA 2 Mandau. Ada beberapa bidang kerjasama yang dilakukan Unilak diantaranya pelatihan, pendampingan, perpustakaan, pengembangan inovasi dan teknologi, jurnal, kurikulim, karya ilmiah, publikasi, promosi,motivator,  dan lain-lain

Rektor Unilak Prof Dr Junaidi mengatakan, memberikan apresiasi kepada SMA 2 Mandau yang melakukan kerjasama dengan Unilak. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas guru,siswa adalah menjalin kerjasama, salah satunya dengan perguruan tinggi. 

Pada kempatan itu, Prof Dr Junaidi yang juga ketua Dewan Pendidikan Riau, menyarankan kepada guru guru, bagi siswa-siswa yang memiliki kartu Indonesia pintar atau yang tidak mampu untuk dapat memilih Unilak sebagai tempat kuliah dan meminta kepala sekolah untuk mengeluarkan surat rekomendasinya, Unilak akan kerja keras agar memberikan beasiswa.

"Bagi guru-guru yang ingin lanjut kuliah S2 dapat memlih Unilak, pola kerjasama juga dapat dilakukan tentu ini akan memberikan manfaat besar bagi SMA2 Mandau. Untuk guru dapat memilih Prodi S2 di Unilak, ada Prodi hukum, Manajemen, Pedagogi, dan Ilmu Lingkungan" ucap Prof Junaidi.

Disebutkan Prof Junaidi, saat ini perkembangan teknologi semakin cepat, termasuk dalam dunia pendidikan, untuk mengimbangi kemajuan teknologi tentu harus belajar dan berlatih agar tidak terbelakang, salah satu caranya adalah dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bisa dengan pelatihan, peningkatan skill dan lain-lain. Dan Unilak telah melakukanya dengan memberikan pelatihan bagi siswa dan guru guru.

"Guru,siswa saat ini harus melek teknologi termasuk dalam proses pembelajaran, apa yang dilakukan sekolah ini bekerjsama dengan Unilak adalah tepat, kita ingin guru dan anak-anak SMA2 Mandau menjadi SDM unggul. Dengan kerjasama, dosen Unilak bisa memberikan pelatihan, contohnya tentang AI, Chat GPT dll. Termasuk dalam layanan perpustakaan di sekolah, saat ini layanan perpustakaan harus sudah berbasis digital, dan kami telah membantu lebih dari 25 sekolah di Riau untuk pengembangan perpustaakan. " ucap Prof Dr Junaidi.

Sementara itu Kepsek SMA 2 Mandau Satria mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unilak, yang telah hadir. Kami memang berkeinginan  guru dan siswa di sekolah ini dapat bertranformasi ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan.

Komunikasi kami dengan bidang kerjasama Unilak ternyata dibalas dengan respon yang cepat, kami memang berkeinginan sekolah ini bisa menjadi binaan Unilak, sehingga kami dapat mengembangkan sekolah kami kearah yang lebih maju, berbasis digital dll. Prof Junaidi Ketua Dewan Pendidikan Riau, beliau juga Ketua Dewan Perpustakaan Riau, artinya memang tepat dilakukan MoU, ujar Satria.

"Besar harapan kami dengan Pak Rektor dan Unilak, kami memiliki mimpi untuk menjadi sekolah digital terwujud, tadinya kami menuju kearah itu jalannya masih meraba-raba, namun setelah kehadiran Unilak jalannya semakin jelas dan terang, kami menargetkan Januari 2024 sudah berbasis digital" ucap Satria.

Berita Lainnya

Index