Beri Kuliah Umum di Unilak, Bupati Siak Alfedri Berikan Beasiswa ke Mahasiswa

Beri Kuliah Umum di Unilak, Bupati Siak Alfedri Berikan Beasiswa ke Mahasiswa

RIAUREVIEW.COM --Bupati Kabupaten Siak Drs Alfedri memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Lancang Kuning Riau, kuliah umum diikuti lebih dari 100 mahasiwa dari berbagai fakultas yang ada di Unilak, Selasa, 24 Oktober 2023 di aula Gedung Pustaka.

Kuliah umum dibuka oleh Rektor Unilak Prof Dr Juanidi SS MHum,narasumber lain yaitu Prof Dr Irwan Effendi, dengan moderator Dekan Fadiksi Unilak Dr Herlinawati M.Pd. Orang nomor satu di Kabutan Siak itu mengatakan.

Bupati Siak salam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Siak memiliki beberapa program unggulan diantaranya di bidang pendidikan, kesehatan, dan pelayanan kepada masyarakat.. Pemerintah Kabupaten Siak membuat kebijakan di bidang pendidikan, salah satunya adalah 1 orang sarjana di dalam 1 keluarga dengan Program Keluarga Harapan (PKHh). Dengan program ini, kami memberikan beasiswa unggulan daerah bagi keluarga yang kurang mampu,"

Sementara itu Bupai Siak Alfedri yang ditemui usai memberikan kuliah umum mengatakan, anak anak siak yang kuliah di Unilak ada dua skema yang pertama ada di Prodi PG PAUD,penerima total sudah 40 mahasiwa, kemudian program beasiswa unggulan 30 orang di Unilak penerima. Kita harapkan anak anak Siak di Unilak dapat belajar dengan baik, mereka sudah diberikan fasilitas oleh Pemda Siak,maka belajar dengan tekun. Kami juga terima kasih kepada Unilak sudah menerima anak anak kita, tentunya dengan ini bisa akan tingkatkan kerjasama. Tadi juga dalam diskusi disampaikan ada aspirasi asprirasi  mahasiswa untuk disabilitas. Kita juga terinspirasi dari program Pak Rektor Unilak yang  berikan beasiswa bagi mahasiswa disabilitas, ini juga bisa kita berikan untuk di masa akan datang.

“Saya minta Kabag Kesra untuk dimasukkan tahun depan, Untuk program bagi penyandang disabilitas yang sudah kami lakukan dan diberikan yaitu pelatihan keterampilan dll. Maka program itu(beasiswa) kedepan kita rancang. Saya juga mendorong anak anak di Siak dan lainnya yang sedang kuliah untuk belajar kewirausahaan, belajar organisasi, belajar enterprener dan dari sekarang(mahaiswa) sudah bisa belajar dikembangkan dan kemandirian, saya doakan ana kanaka Siak sukses.” Ujar Afedri.

Selain memberikan kuliah umum, Alfedri juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari Kab Siak,penyerahan secara simbolis diberikan kepada Reva Andini Prodi Ilmu Perpusatakaan Unilak semester satu, dan Tamara Widya Anggun Asmitha Prodi PGPAUD Fakultas Pendidikan Dan Vokasi.

Reva yang baru satu bulan menjadi mahasiswi tak menyangka diberikan beasiswa oleh Bupati Alfedri. Saya senang menerima beasiswa, saya baru satu bulan menjadi mahasiswa dan hari ini mendapatkan beasiswa, orang tua saya pasti senang, mimpi orang tua agar bisa bisa sarjana tentu menjadi kenyataan dengan beasiswa yang diberikan. Program pak Bupati sungguh mulia.

Disebutkan Reva, pesan Bupati Siak agar anak anak Siak yang kuliah di Unilak untuk fokus belajar, mendapatkan nilai yang baik, belajar kewirausahaan akan kami lakukan, semoga pak Bupati Sehat selalu, dan Allah STW dapat membalas amal dan pahalanya.

Sementara itu Rektor Unilak Prof Dr Junaidi mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Bupati. Unilak siap mempererat hubungan kerjasama dengan Pemda Siak, hubungan telah telah lama jalin ,dan kami mendukung program Bupati Siak dalam program satu rumah satu sarjana, Unilak siap mewujudkannya.

Didepan Bupati Siak, Prof Junaidi mengatakan bahwa Unilak dalam tempo dua tahun ini telah menerima mahasiswa penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Riau. Bahwa harapannya ketika mereka kuliah dan sarjana mereka bisa mandiri dan berwirausaha. Kami berharap pemda-pemda  di Riau juga dapat mengalokasikan beasiswa kepada mahasiswa mahasiwa penyandang disabilitas.

“Tentunya perinsip education fol all juga dapat dirasakan oleh penyandang disabilitas. Pelan-pelan Unilak telah mulai membangun sarana prasarana pendukung disabilitas, salh satunya telah dirancang dan akan dibangun ruang penyandang disabilitas tempat berkumpul, berpikir dan sarana kreatifitas bagi mereka.

Turut hadir dalam kuliah umum , Dekan Sekolah Pascasarjana Unilak Dr Adolf Basrian, Dekan Fakultas Hukum Dr Fahmi SH MH, Dekan Fasilkom Dr Yogi Yunefri, Dekan Fakultas Ilmu Budaya M Kafrawi M.Sn,Kaprodi dosen se Unilak

Berita Lainnya

Index