Banjir di Jalintim Pelalawan Surut, Kendaraan Besar Mulai Bisa Lewat

Banjir di Jalintim Pelalawan Surut, Kendaraan Besar Mulai Bisa Lewat
Petugas gabungan yang berjaga di sepanjang jalur banjir mulai Kilometer 76 sampai 84/foto: riauterkini.com

RIAUREVIEW.COM --- Ketinggian banjir yang melanda Jalan Lintas Timur (Jalintim) Desa Kemang, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan mulai menurun dari sebelumnya, Senin (15/1/2024).

Petugas gabungan yang berjaga di sepanjang jalur banjir tetap siaga mulai Kilometer 76 sampai Kilometer 84. Ketinggian air terpantau berkurang sejak Hari Minggu (14/1/2024) lalu mengingat curah hujan menurun dalam tiga hari terakhir.

Titik terdalam banjir di Jalintim selama ini terpantau di Kilometer 83 dengan kedalaman sempat mencapai 1,5 meter. Kemudian turun ke 1,2 meter dan sehari yang lalu kembali surut menjadi 100 centimeter.

"Hari ini di kilometer 83 ketinggian air mencapai 80 sampai 90 centimeter. Kembali mengalami penurunan dari sehari kemarin," terang Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SIK kepada riautekrini.com Senin (15/1/2024). Kapolres Suwinto menyampaikan, meski banjir sudah mulai surut namun belum bisa dilewati oleh semua kendaraan. Ketinggian air yang mencapai 80 hingga 90 centimeter hanya bisa dilewati kendaraan besar saja. Sedangkan mobil rendah atau roda enam ke bawah belum bisa melintas karena dikuatirkan terjebak ditengah banjir.

Petugas dari kepolisian dan instansinya terus berjaga di sepanjang jalur banjir, khususnya di titik-titik genangan air ya g dalam. Untuk mengarahkan dan mengatur arus lalu lintas agar tidak ada lagi kendaraan yang terjebak dan mogok maupun terperosok hingga terguling di tengah banjir.

"Untuk kendaraan pribadi belum bisa melintas. Jangan memaksa lewat, petugas kita tetap mengatur arus lalin di lokasi banjir," tambah Suwinto.

Kasat Lantas Polres Pelalawan, AKP Akira Ceria SIK menyampaikan, arus lalu lintas masih menggunakan sistem buka tutup. Apabila kendaraan besar dari arah Pangkalan Kuras dijalankan, mobil berat dari arah Pangkalan Kerinci distop sementara. Demikian sebaliknya secara bergantian agar lalu lintas tetap berjalan meski mengantri dari masing-masing arah.

"Air memang sudah surut. Beberapa bus sudah bisa lewat dari jalur banjir. Tapi tetap diawasi oleh petugas," beber AKP Akira Ceria. Ia menegaskan, mulai hari ini bus diizinkan melintas yang sebelumnya masih ditahan sesuai dengan ketinggian banjir di lokasi. Hanya saja, bus yang dapat lewat hanyalah bus yang memiliki ruangan mesin di atas dan tidak di bawah. Karena dikuatirkan mogok di tengah banjir saat air masuk ke ruangan mesin bus.

Pihaknya tetap mengimbau kepada seluruh pengendara mobil besar untuk tetap mematuhi arahan petugas di lapangan. Sehingga tidak ada kendala yang terjadi di tengah jalur banjir dan antrian bisa lebih singkat dari masing-masing arah.***

 

 

 

Sumber: riauterkini.com

Berita Lainnya

Index