Wujudkan Pelayanan Prima, Unilak Gandeng PT RAPP Beri Pelatihan Tenaga Kependidikan

Wujudkan Pelayanan Prima, Unilak Gandeng PT RAPP Beri Pelatihan Tenaga Kependidikan

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Universitas Lancang Kuning (Unilak) memiliki komitmen yang kuat untuk terus melakukan pembenahan dan peningkatan layanan kependidikan. Dengan pelayanan yang baik, prima dan memiliki SOP (standard operating procedure) akan mampu meningkatkan kualitas, kepuasan dan citra Unilak di mata masyarakat.

Sejalan dengan itu, Unilak menggandeng PT RAPP menggelar pelatihan untuk peningkatan standarisasi pelayanan prima tenaga kependidikan yang diikuti oleh 100 pegawai Unilak dari berbagai unit kerja, Jumat (10/01/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor Unilak Dr Junaidi, SS, MHum ini menampilkan narasumber tim dari Communication Corporate and Event PT RAPP, Salomo Sitohang dan Eny Chairany.

Turut hadir Kepala Bidang Kerja Sama Unilak Dr Bagio Kadaryanto, Kepala Biro Jufrinata, SH, jajaran wakil dekan dan dosen.

Rektor Unilak Dr Junaidi di awal sambutannya mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada PT RAPP yang telah banyak bekerjasama selama ini, seperti riset bagi dosen, beasiswa untuk mahasiswa Unilak, kerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya dan lain-lain

“Tim dari RAPP sudah sangat berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang baik dalam peningkatan pelayanan, dan kita bersyukur RAPP bersedia berbagi pengetahuan. Tidak itu saja, di bulan Februari nanti tim RAPP juga akan   melatih mahasiswa Unilak dan securty tentang pemadam kebakaran hutan. Artinya Unilak turut serta dalam siaga bencana kebakaran hutan dan lahan, karena dibutuhkan banyak relawan,” ujar Rektor.

Dijelaskan Rektor, terkait dengan peningkatan mutu layanan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada stakeholder, (mahasiswa, dosen, orang tua, masyarakat dan instansi lainnya). Ada beberapa unit yang harus ditingkatkan, dan ini harus dipelajari, perlu di-refresh untuk meningkatkan excellent service. Bahkan nanti akan diadakan uji sertifikasi untuk karyawan Unilak bekerjasama dengan BNSP tentang pelayanan costumer service. 

Salomo Sitohang di awal materi, menjabarkan tentang sejarah singkat perusahaan RAPP. Usai memberikan informasi singkat, ia mengatakan bahwa RAPP telah memiliki SOP pelayanan kepada stakeholder/instansi yang akan berkunjung.

Sementara itu, Eny Chairany lebih banyak menjabarkan tentang teknis pelayanan, seperti terkait cara berpenampilan, komunikasi, dan lain-lain.

Dikatakannya karyawan dibagian depan (frontliner) adalah corong perusahaan/institusi yang selalu berhubungan ke stakeholder/partner. Dalam pelayanan sangat penting keramah tamahan (hospitality) ini sangat penting karena adanya terjalin hubungan dan interaksi.

"Ketika kita ingin memberikan pelayanan maksimal kepada tamu atau stakeholder, coba posisikan diri kita sebagai mereka, sehingga kita menjadi tahu apa yang menjadi keinginan dari tamu atau penerima layanan," ujarnya. 

Berita Lainnya

Index