Manfaat Puasa Dua Kali Seminggu untuk Kesehatan

Manfaat Puasa Dua Kali Seminggu untuk Kesehatan

RIAUREVIEW.COM - Puasa dilakukan untuk mendekatkan diri ke Tuhan dan ajaran ini ada di semua agama. Banyak orang melakukan puasa teratur selama satu atau dua hari seminggu sebagai bentuk ketaatan rohani serta.

Puasa juga dapat berarti tidak melakukan hal-hal tertentu, baik untuk kesehatan atau untuk alasan agama tertentu. Sebagai contoh, beberapa orang menahan diri untuk tidak mengonsumsi garam pada hari-hari tertentu. Itu karena garam berlebih dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tahukah Anda bahwa puasa terutama yang dilakukan secara rutin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.  Berikut uraiannya:

Melindungi Jantung dan mencegah Diabetes Tipe-2

Puasa yang dilakukan sekurangnya dua kali seminggu diketahui mempengaruhi cara tubuh mengelola kolesterol dan gula. Itulah mengapa puasa setiap minggu dikatakan sebagai cara yang bagus untuk melindungi tubuh dari diabetes dan gangguan kardiovaskular.

Faktanya, puasa secara teratur sekali seminggu diketahui dapat mengurangi kadar N-oksida trimetilamin dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit arteri koroner.

Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa memiliki banyak efek positif pada otak, organ tubuh yang paling penting. Sebuah protein yang disebut neurotropik yang diturunkan dari otak sangat membantu dalam meningkatkan perkembangan neuron dan komunikasi antara sel-sel saraf.

Selain itu puasa juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer, demensia, depresi dan lain - lain. Secara umum, seseorang mungkin mengalami peningkatan kejernihan mental.

Membersihkan Darah dan Anti Penuaan

Penuaan adalah bagian dari alam dan seseorang tidak dapat menyangkalnya. Sungguh menakjubkan untuk mencatat bahwa puasa memperlambat proses penuaan dengan meningkatkan stimulasi HSH (hormon pertumbuhan manusia), hormon yang terkait erat dengan proses penuaan.

Menurunkan berat badan secara alami

Puasa yang dilaksanakan setiap minggu dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin meurunkan berat badan. Banyak orang yang berpendapat puasa merupakan diet yang paling sehat dan tidak memiliki efek samping bagi tubuh.

Memperbaiki sel kulit mati

Ketika berpuasa Anda menghabiskan jumlah energi maksimal, sehingga waktu beristirahat tubuh tidak hanya membersihkan darah tapi juga proses lainnya teritama pada kulit yaitu memperbaiki sel kulit maati atau rusak dan memperbaiki teksturnya.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Berita Lainnya

Index